Industri BATIK SASAMBO ( Sasak Samawa Mbojo ) - Mediainfo Sumbawa
Headlines News :
Home » » Industri BATIK SASAMBO ( Sasak Samawa Mbojo )

Industri BATIK SASAMBO ( Sasak Samawa Mbojo )

Written By Media Info Sumbawa on Senin, 12 November 2012 | 01.09

Mediainfo Sumbawa  Pelestarian Budaya local Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya di Kabupaten Sumbawa dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain dengan menggunakan event/kegiatan/pagelaran seni dan budaya, yang biasanya bertujuan untuk promosi dan pemasaran, pelestarian budaya local ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan media industry dan perdagangan. Seperti yang di lakukan Bapak Heryanto, seorang Pegawai Negri Sipil (PNS) di Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kab. Sumbawa. Menjalankan industry Batik SASAMBO (Sasak, Samawa, Mbojo) yang bertujuan untuk pelestarian budaya local yang sekaligus mewakili tiga suku di wilayah di NTB, yakni suku Sasak, mewakili Pulau Lombok, Samawa dan Mbojo mewakili Pulau Sumbawa.

Menurut Mas Hery, akrab ia disapa, sektor perindustrian dan perdagangan, khususnya usaha industri batik sasambo tidak hanya berdampak positif menghidupkan roda perekonomian masyarakat Sumbawa, Melainkan juga dapat di jadikan sebagai media yang potensial dalam rangka melestarikan budaya local di NTB dan Sumbawa khususnya.
Kurang lebih tujuh tahun bisnis batik ini berjalan, lanjut Hery, dampaknyapun terbilang sangat positif.  Hingga saat ini, hampir seluruh pegawai di lembaga pemerintahan, pendidikan, bahkan karyawan perusahaan swasta yang ada di Kab. Sumbawa sudah menggunakan pakaian/baju batik yang bermotifkan/bergambarkan lambang khas budaya Sasak, Samawa, Mbojo (Sasambo). Misalnya saja, gambar Lonto Engal, dan Kemang Kuning, merupakan perwujudan cirri khas Tau Samawa. “Tatkala jumlah pemakai batik sasambo ini semakin banyak seiring berkembangnya wilayah pasar, maka tak terelakkan batik sasambo yang merupakan perlambangkan pelestarian dan pengenalan budaya local NTB semakin di kenal banyak orang dari beragam suku dan ras. Tidak menutup kemungkinan sampai menembus tingkat nasional, bahkan manca Negara”. Ungkap Hery, sembari tersenyum.

Hasil kegigihan pelaku industry batik Sasambo terdahulu berbuah manis…!!! Baru-baru ini pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Diskoperindag menelurkan perogram  yakni Pelatihan dan Pembinaan teknis industry batik melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) batik bidang industry yang bertujuan mengembangkan pengetahuan masyarakat tentang teknis dalam produksi batik. Sehingga ke depan di harapkan bermunculan industry-industri baru yang tersebar di seluruh wilayah NTB. 

Sesuai dengan SK Bupati Sumbawa, UPT yang beralamatkan di jln. Garuda. Kelurahan Lempeh. Sumbawa, diperuntukan memfasilitasi masyarakat dalam rangka pelatihan dan pembinaan bagi pengrajin batik maupun pemula.
Heryanto, S.IP, Kepala Seksi Sarana Prasarana Industri Bidang Perindustrian Diskoperindag Sumbawa, saat  di wawancarai majalah ini, mengungkapkan, Unit Pelayanan ini sudah di lengkapi fasilitas yang memadai sebagai pendukung  kegiatan pelatihan. Diantaranya; alat cap motif batik (batik cap), alat tulis motif batik (batik tulis), fasilitas mesin disaen dan cetak motif (Digital Printing), peralatan untuk membuat pakaian batik siap pakai, seperti; mesin jait, obras, mesin pelubang kancing, mesin potong kain.
Dengan fasilitas yang cukup kompeten ini, lanjut Mas Hery, UPT  yang di bentuk baru-baru ini sudah dinyatakan siap melayani masyarakat yang memiliki minat mengembangkan diri dalam kerajinan kain batik dapat langsung mendatangi kantor UPT. “kami berharap masyarakat bisa mendukung program ini, untuk pencapain tujuan bersama yakni memajukan perekonomian rakyat melalui sektor industry dan perdagangan”. Harapnya.  (Ardian)



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Mediainfo Sumbawa - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template